Friday, 15 May 2015

METODE PENDIDIKAN

Pendidikan dengan menggunakan metode behavioristik, kognitif ataupun humanistik akan sama-sama menghasilkan manusia-manusia yang diharapkan, tentu saja dengan karakteristik masing-masing teori di atas. Pendidikan dengan metode behavioristik, menekankan pada pengertan belajar merupakan perubahan tingkah laku, sehingga hasil belajar adalah sesuatu yang diamati dengan indra manusia langsung tertuang dalam tingkah laku. Seperti yang dikemukakan oleh Ahmadi dan Supriono (1991:121) bahwa belajar adalah proses usaha tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil penglaman individu itu sendiri dalam interaksi lingkungannya.. Disini bahwa, manusia dilahirkan dalam keadaan yang bersih ataupun suci, namun tergantung bagaimana anak itu dididik. Baik buruknya manusia itu tergantung pada pola pendidikan, juga faktor eksternal dan internal lainnya yang saling mempengaruhi. Sesuai dengan karakteristik diatas, dengan melalui pendekatan behavioristik ini, anak akan tumbuh melalui pendidikan dan pengembangan tingkah laku sesuai dengan norma dan segala budaya yang dijunjung tempatnya. Melalui pendekatan kognitif, yang dimana lebih menekankan pada belajar merupakan suatu proses yang terjadi dalam akal pikiran manusia. Sehingga akan menghasilkan manusia yang  . Melalui pendekatan humanistik yang dimana pendekatan ini adalah pendekatan yang memandang bahwa manusia itu harus diperlakukan seperti manusia atau lebih sering dikenal dengan memanusiakan manusia. Melalui pendekatan ini, peserta didik akan medapatkan pelayanan sesuai dengan kodratnya. Melalui pendekatan ini juga, peserta didik akan dapat mencapai perkembangan yang optimal. Jika pendekatan ini berhasil maka, akan megkahsilkan manusia yang memahami dirinya sendiri, dan mampu mencapai aktualisasi diri yang baik.

No comments:

Post a Comment